Jaringan Komputer - Routing

Routing adalah proses pemindahan paket di seluruh jaringan dari satu host ke yang lain. Ini biasanya dilakukan oleh perangkat khusus yang disebut router .

Paket adalah unit dasar transportasi informasi di semua jaringan komputer modern, dan semakin banyak di jaringan komunikasi lain juga. Mereka ditransmisikan melalui jaringan packet switched , yang merupakan jaringan di mana setiap pesan (yaitu, data yang ditransmisikan) dipotong menjadi satu set segmen kecil sebelum transmisi. Setiap paket kemudian ditransmisikan secara individual dan dapat mengikuti jalur yang sama atau jalur yang berbeda ke tujuan umum. Setelah semua paket tiba di tujuan, mereka secara otomatis dipasang kembali untuk membuat ulang pesan asli.

Routing adalah fitur kunci dari Internet dan itu, bersama dengan banyak redundansi yang disengaja jalur transmisi kapasitas tinggi (misalnya, kabel serat optik dan microwave), merupakan faktor kunci dalam kekokohan (yaitu, ketahanan terhadap kegagalan peralatan) dari internet. Setiap router perantara melakukan routing dengan meneruskan pesan ke router berikutnya. Bagian dari proses ini melibatkan analisis tabel routing yang dikonfigurasi sendiri untuk menentukan jalur terbaik (yaitu, optimal).

Routing kadang-kadang membingungkan dengan bridging , yang melakukan fungsi yang agak mirip. Perbedaan utama adalah bahwa yang terakhir terjadi pada tingkat yang lebih rendah dari OSI (sistem terbuka interkoneksi) model dan dengan demikian lebih merupakan fungsi perangkat keras; yang pertama terjadi pada tingkat yang lebih tinggi di mana komponen perangkat lunak lebih penting, dan dengan demikian dapat melakukan analisis yang lebih kompleks untuk menentukan jalur optimal untuk setiap paket.

Routing juga digunakan oleh jaringan circuit switched , di mana sirkuit khusus dibuat untuk durasi transmisi setiap pesan. Jaringan switch yang dominan adalah jaringan telepon umum (PSTN), yang merupakan kumpulan jaringan telepon umum interkoneksi di seluruh dunia yang dirancang terutama untuk lalu lintas suara.

Comments

Popular Posts

Jaringan Komputer - Repeater

Jaringan Komputer - Switching

Jaringan Komputer - Topologi Tree